13 Kumpulan Contoh Soal Seputar Energi

contoh-soal-tentang-energi

    1. Pertanyaan: perubahan energi yang terjadi pada baterai yang menyalakan senter adalah….
      Jawaban:Perubahan energi yang terjadi adalah dari  Energi Kimia–>Energi Listrik–>Energi cahaya
    2. Pertanyaan: apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?
      Jawaban: Pada rantai makanan akan terjadi perpindahan energi, yaitu perpindahan dari makhluk hidup yang dimakan ke yang memakan. Makhluk hidup tidak bisa membuat energinya sendiri (bersifat heterotrof). Jadi setiap makhluk hidup harus mengambil sumber energi dengan memakan makhluk hidup lain. Jadi dapat disimpulkan bahwa aliran energi pada sebuah rantai makanan adalah perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain dalam bentuk zat makanan terjadi pada saat suatu mahkluk hidup itu memakan makhluk hidup lain.
    3. Pertanyaan: sebutkan 3 contoh hasil penambangan perut bumi yang digunakan sebagai sumber energi !
      Jawaban: minyak bumi, gas alam dan Batu bara
    4. Pertanyaan: fungsi sutet pada sistem transmisi energi listrik
      Jawaban: Transmisi energi listrik adalah suatu proses dimana terjadi penyaluran energi listrik dari pembangkit listrik (Power Plant) ke gardu induk sehingga dapat disalurkan sampai pada konsumen pengguna listrik. Jadi fungsi sutet pada sistem transmisi energi listrik adalah sebagai penyalur energi listrik dari pembangkit listrik (Power Plant) ke gardu induk.
    5. Pertanyaan: apa peran energi listrik di era globalisasi saat ini
      Jawaban: Globalisasi menurut bahasa dapat diartikan sebagai “Proses sesuatu yang mendunia” bisa berupa pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya. Meskipun listrik pada dasarnya adalah sumber energi sekunder (pembawa energi) ini berarti bahwa sebenarnya energi listrik adalah hasil konversi dari sumber energi lainnya. Pada dasarnya tidak hanya listrik yang memiliki peranan penting di era globalisasi saat ini. Bahwa globalisasi muncul karena berkembangnya teknologi di berbagai lini bidang, itu semua harus  didukung oleh peran energi listrik sebagai sumber energinya. Pertukaran pandangan dunia, produk, pemikiran, dan aspek-aspek kebudayaan lainnya menggunakan sistem elektronik analog dan digital dan itu semua memerlukan peran energi listrik.
    6. Pertanyaan: energi listrik digunakan untuk menyalakan lampu Perbandingan jumlah energi listrik yang digunakan dengan jumlah energi cahaya yang dihasilkan adalah….
      Jawaban: jumlah energi listrik yang dihasilkan lebih dari jumlah energi cahaya yang dihasilkan.
    7. Pertanyaan: alat untuk membatasi aliran energi listrik adalah
      Jawaban: Bergainser adalah alat yang berfungsi untuk membatasi daya listrik yang masuk ke dalam instalasi pelanggan, dan berfungsi juga sebagai pengukur jumlah daya listrik yang dipakai oleh instalasi pelanggan tersebut.
    8. Pertanyaan: apa yang dimaksud dengan sumber energi panas
      Jawaban: Energi panas adalah sebuah energi yang menghasilkan panas dan jika diberikan kepada sebuah benda maka akan membuat perubahan suhu pada benda tersebut. Sumber energi panas adalah sesuatu yang dapat menghasilkan panas.
    9. Pertanyaan: apakah sifat dari energi panas
      Jawaban: tidak berbau, tidak terlihat, tidak terdengar namun dapat berpindah tempat, dapat membuat zat atau benda memuai
    10. Pertanyaan: apa saja jenis sumber daya alam yang bisa digunakan untuk membangkitkan energi listrik
      Jawaban: Angin, Matahari, air dan sawit.
    11. Pertanyaan: kegiatan yang menggunakan sumber energi panas
      Jawaban: memasak, menjemur pakaian, water heater tenaga surya.
    12. Pertanyaan: salah satu keuntungan energi matahari adalah
      Jawaban: Matahari adalah sumber energi panas terbesar di bumi. Energi matahari merupakan energi yang terbarukan dan tidak perlu untuk diperbarui walaupun energi ini belum digunakan secara luas. Keuntungan Energi Matahari adalah sebagai sumber daya yang berkelanjutan (sustainable), dapat diperbaharui terus menerus (sampai diperkirakan matahari habis dalam miliaran tahun).
    13. Pertanyaan: energi baru dan terbarukan
      Jawaban: Angin, Matahari, Gelombang laut.
13 Kumpulan Contoh Soal Seputar Energi | Angga Prasetya | 4.5