Metode Belajar Sambil Bermain yang Menyenangkan

Metode Belajar Sambil Bermain yang Menyenangkan

Pengertian Metode Belajar adalah proses memasukkan pengetahuan baru ke dalam pikiran. Belajar tidak harus dilakukan dengan cara yang serius. Belajar juga bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Cara belajar sangat bervariasi. Tidak masalah cara mana yang akan dipilih, yang penting tujuannya tercapai yaitu mendapatkan pengetahuan baru.
Kadang-kadang metode belajar / cara belajar di dalam kelas mengundang kebosanan bagi sebagian siswa. Tetapi jangan khawatir karena ada banyak alternatif metode belajar , yang efektif dalam mengusir kebosanan tersebut.

Metode Belajar Sambil Bermain yang Menyenangkan

Begini metode belajar menyenangkan yang bisa menghalau kebosanan:
1.Mendengarkan Cerita
Ketika bosan membaca, segeralah menutup buku agar tidak bertambah bosan. Lalu dengarkan saja cerita yang sedang disampaikan oleh guru. Pusatkan perhatian secara penuh sehingga kamu bisa menangkap apa yang sedang dijelaskan oleh guru dan bisa menjelaskan kembali apa yang didengarkan. Catat saja bagian-bagian terpenting dari penjelasan guru dan buat ringkasan berdasarkan ingatan kamu.
2.Eksperimen
Eksperimen sangat penting dilakukan. Mengapa? Karena dengan eksperimen, belajar akan terasa lebih rileks tanpa harus ada beban. Eksperimen adalah salah satu metode yang harus diterapkan dalam pembelajaran. Biasanya dengan metode eksperimen, kamu akan melakukan bukan hanya mendengarkan. Kamu pada akhirnya akan memahami dan mengetahui hingga akhirnya bisa menyimpulkan hasil percobaan yang telah dilakukan.
3.Ceritakan kembali hasil pengamatan
Jika berada di kelas dan hanya mendengarkan, mungkin akan bosan. Maka, metode menceritakan kembali hasil pengamatan bisa dicoba. Belajar di luar kelas dan amati saja apa hal-hal yang ada di sekitar kita. Amati apa saja yang ada di sekitar dan bagaimana hal tersebut bisa terjadi, bagaimana prosesnya? Setelah kamu berhasil mengamati, jelaskan saja hasil pengamatan secara lisan secara rinci sehingga lebih mudah dipahami.
4.Membaca Intensif
Membaca intensif adalah membaca dengan perhatian sehingga ide pokok teks bacaan bisa ditemukan. Siswa bisa membaca sebuah bacaan berulang kali sampai menemukan ide pokok dari bacaan tersebut. Setelah itu, catatlah beberapa ide pokok dari masing-masing paragraf teks cerita. Dari berbagai ide pokok tersebut, buatlah ringkasan metode belajar dengan kata-kata sendiri.

Metode Belajar Sambil Bermain yang Menyenangkan | Angga Prasetya | 4.5