Manfaat Belajar Sejarah

Manfaat Belajar Sejarah

Ini Dia Manfaat Mempelajari Sejarah
Banyak anak sekolah atau orang pada umumnya yang malas mempelajari sejarah dengan alasan subyek ini terlalu banyak menghafal. Ada pula yang enggan belajar sejarah karena merasa tidak ada gunanya mempelajari masa lalu. Padahal banyak sekali kegunaan mempelajari sejarah dan tentu saja sangat menyenangkan menelisik kehidupan masa lalu. Sama seperti mendengarkan dongeng. Bedanya hanya sejarah benar-benar terjadi sedangkan dongeng tidak.

Manfaat Belajar Sejarah

Apa saja sebenarnya manfaat belajar sejarah?
Pertama, belajar dari masa lalu. Tidak sedikit orang mempelajari sejarah karena ingin mengetahui apa saja kejadian yang ada di masa lalu dan apa saja pelajaran yang bisa dipetik dari peristiwa-peristiwa lampau. Dengan belajar sejarah, kita akan menjadi manusia yang lebih bijaksana. Mempelajari kesalahan yang pernah dilakukan orang lain pada masa lalu akan membuat kita lebih berhati-hati agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama. Kita juga akan lebih mudah terbuka wawasannya bahwa ada peristiwa yang sebelumnya tidak kita ketahui sama sekali menjadi kita pahami.
Kedua, memberikan inspirasi. Belajar sejarah tidak hanya membuat kita memiliki wawasan yang luas tentang masa lalu namun juga memberikan inspirasi yang tidak terbatas. Misalnya dengan mempelajari kejayaan suatu kerajaan yang ada di masa lampau, kita bisa belajar bahwa banyak hal yang harus kita korbankan dan kita perjuangkan agar kita bisa mendapatkan kejayaan. Selain itu, mempelajari kebangkitan suatu negara dan kerajaan dari perang bisa memberikan inspirasi untuk bangkit dari kesulitan-kesulitan hidup.
Ketiga, menjadi pedoman suatu bangsa. Ya, setiap bangsa menyimpan sejarahnya sendiri-sendiri dan unik serta berbeda dari bangsa yang lainnya. Dengan memahami sejarah, setiap bangsa memahami jati dirinya dengan lebih baik danlebih sempurna. Sejarah akan menjadi pedoman setiap bangsa untuk mengenali dirinya yang dahulu dan menjadi bangsa yang lebih baik untuk ke depannya. Misalnya seperti bangsa Indonesia yang dulunya memiliki Kerajaan Majapahit. Maka Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang jaya lebih dari dahulu.
Itulah beberapa manfaat mempelajari sejarah untuk kita. Mulai sekarang pelajarilah sejarah bangsa sendiri dan juga sejarah dari bangsa-bangsa yang lainnya.

Manfaat Belajar Sejarah | Angga Prasetya | 4.5