Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh

Manfaat Mengkonsumsi Bawang Putih Bagi Tubuh

Sejarah Bawang Putih – Bawang putih sebenarnya berasal dari Asia Tengah, diantaranya Cina danJepang yang beriklim subtropik. Dari sini bawang putih menyebar ke seluruh Asia, Eropa, dan akhirnya ke seluruh dunia. Di Indonesia, bawang putih dibawa oleh pedagang Cina dan Arab, kemudian dibudidayakan didaerah pesisir atau daerah pantai. Seiring dengan berjalannya waktu kemudian masuk ke
daerah pedalaman dan akhirnya bawang putih akrab dengan kehidupan masyarakat Indonesia. Peranannya sebagai bumbu penyedap masakan modern sampai sekarang tidak tergoyahkan oleh
penyedap masakan buatan yang banyak kita temui di pasaran yang dikemas sedemikian menariknya (Syamsiah dan Tajudin, 2003).

Klasifikasi Bawang Putih

Klasifikasi bawang putih, yaitu :
Taksonomi bawang putih
Divisio: Spermatophyta
Sub divisio: Angiospermae
Kelas: Monocotyledonae

Bangsa: Liliales

Suku: Liliaceae
Marga:Allium
Jenis: Allium sativum
manfaat bawang putih bagi tubuh
Morfologi bawang putih (Allium sativumL.) adalah herba semusim berumpun yang mempunyai ketinggian sekitar 60 cm. Tanaman ini banyak ditanam di ladang-ladang di daerah pegunungan yang
cukup mendapatsinar matahari (Syamsiah dan Tajudin, 2003). Adapun morfologi dari tanaman bawang putih (Allium sativum L.)
1. Daun
Berupa helai-helai seperti pita yang memanjang ke atas. Jumlah daun yang dimiliki oleh tiap tanamannya dapat mencapai 10 buah.Bentuk daun pipih rata, tidak berlubang, runcing di ujung atasnya dan agak melipat ke dalam (arah panjang/membulur).
2. Batang
Batangnya merupakan batang semu, panjang (bisa 30 cm) tersusun pelepah daun yang tipis, namun kuat.
3. Akar
Terletak di batang pokok atau di bagian dasar umbi ataupun pangkal umbi yang berbentuk cakram. Sistem perakarannya akar serabut, pendek,menghujam ke tanah, mudah goyang dengan air
dan angin berlebihan.
4. Siung dan Umbi
Di dekat pusat pokok bagian bawah, tepatnya diantara daun muda dekat pusat batang pokok, terdapat tunas, dan dari tunas inilah umbi-umbi kecil yang disebut siung muncul. Hampir semua daun muda yang berada di dekat pusat batang pokok memiliki umbi.
Hanya sebagian yang tidak memiliki umbi (Syamsiah danTajudin,2003)

Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh

Manfaat Bawang Putih – Secara klinis, bawang putih telah dievaluasi manfaat nya dalam berbagai hal, termasuk sebagai pengobatan untuk hipertensi, hiperkolesterolemia,diabetes,rheumatoid arthritis, demam atau sebagai obat pencegahan atherosclerosis, dan juga sebagai penghambat tumbuhnya tumor.
Banyak juga terdapat publikasi yang menunjukan bahwa bawang putih memiliki potensi farmakologis sebagai agen antibakteri, antihipertensi dan antitrombotik (Majewski, 2014)
Demikian sedikit ulasan tentang Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh yang mampu kami rangkum, semoga bermnafaat . Terima kasih.
Manfaat Bawang Putih Bagi Tubuh | Angga Prasetya | 4.5