Jenis Upacara Adat Jawa

Jenis Upacara Adat Jawa

Upacara-Upacara Adat Jawa Ini Selalu Menjadi Unggulan
Suku Jawa merupakan suku yang cukup kuat memegang adatnya. Selain kepribadiannya yang sopan dan ramah, suku Jawa juga memiliki tradisi dan kebudayaan yang sangat memikat. Seperti upacara adat, musik, makanan dan tarian. Upacara adat adalah suatu ritual yang dilakukan secara bersama-sama dan memiliki keterkaitan budaya, suku dan etnis. Di Pulau Jawa sendiri ada sejumlah upacara adat yang tergolong unik dan harus dikenalkan kepada generasi muda supaya warisan ini tetap terjaga.

Jenis Upacara Adat Jawa

Inilah jenis-jenis upacara adat Jawa yang sering diunggulkan:
1.Ruwatan
Orang Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan jenis upacara yang satu ini. Upacara ruwatan merupakan jenis upacara dari adat Jawa yang dilakukan untuk menyucikan atau meruwat orang dari hal-hal yang buruk seperti nasib buruk, kesialan dan tentu saja memberikan keselamatan dalam menjalani kehidupan. Umumnya upacara ini dilakukan pada dataran Tinggi Dieng. Anak yang memiliki rambut gimbal dianggap sebagai anak raksaksa atau buto sehingga perlu diruwat agar bebas dari bahaya.
2.Larung Sesaji
Upacara ini adalah upacara sesaji yang dilakukan oleh orang Jawa khususnya mereka yang tinggal di daerah pesisir Utara dan juga Selatan Jawa. Upacara Larung Sesaji ini diadakan sebagai perwujudan rasa syukur atas hasil tangapan laut dan ikan yang selama ini mereka dapatkan. Ini juga bisa dianggap permohonan agar mereka senantiasa diberikan keselamatan ketika merintis usaha. Bahan pangan dan hewan yang sudah disembelih akan dihanyutkan atau dilarung setiap tanggal 1 Muharram.
3. Upacara Tedak Siten
Upacarayang satu ini adalah upacara yang ditujukan untuk anak bayi yang baru berusia beberapa bulan. Bayi dimasukkan dalam sangkar ayam. Upacara ini juga diadakan di beberapa wilayah lainnya dengan sebutan uapacara turun tanah. Biasanya upacara ini diselenggarakan untuk anak yang baru belajar berjalan. Tujuannya yaitu sebagai ungkapan syukur orang tua atas kesehatan sang anak yang sudah bisa menginjak dan menapaki alam semesta.
Nah itulah beberapa jenis upacara adat suku Jawa yang menjadi unggulan suku Jawa. Bagaimana menurut pendapat anda?

Jenis Upacara Adat Jawa | Angga Prasetya | 4.5