Cara Membuat Puisi Yang Bagus

Cara Membuat Puisi Yang Bagus

Ingin Membuat Puisi yang Bagus? Begini Caranya!
Apakah kamu termasuk orang yang menyukai puisi? Puisi adalah karya sastra yang memukau. Puisi mengadung kata-kata indah yang singkat namun memiliki makna yang rahasia. Setelah membaca puisi, mungkin kamu ingin merasakan bagaimana menciptakan puisi karya sendiri. Menulis puisi bukan hal yang mudah. Dibutuhkan perasaan yang mendalam untuk bisa menuliskan kata-kata menjadi puisi. Entah perasaan sedih, kecewa, takjub, kagum terhadap seseorang, kejadian atau sesuatu.

6 Cara / Langkah – Langkah menulis puisi yang baik dan bagus

Agar bisa menuliskan puisi yang bagus ,baik dan benar, berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya dicoba:
Pertama, banyaklah membaca. Ya, membaca akan memperkaya diksi yang sangat berguna untuk menciptakan puisi nantinya. Baca saja buku-buku karya penyair kenamaan entah dari dalam negeri atau dari luar negeri. Dengan banyak membaca puisi yang bagus, maka kamu bisa membedakan mana puisi yang baik dan mana puisi yang kualitasnya biasa saja.

Kedua, tentukan tema dari puisi. Selanjutnya, tentukanlah tema dari puisi yang akan kamu tuliskan. Tema adalah gagasan yang dituangkan dalam bentuk puisi. Misalnya puisi yang temanya mengenai ketuhanan, kehidupan sosial, keindahan alam, kasih sayang dan lingkungan masyarakat.

Ketiga, suasana puisi. Artinya yaitu suatu gambaran mengenai perasaan seseorang yang menciptakan puisi. Suasana puisi sangat tergantung dari tema yang diangkat dan bagaimana keadaan si penulis. Suasana puisi bisa lembut, indah, haru, sedih atau romatis. Suasana ini akan lahir dari penggunaan diksi yang tepat.
Keempat, daftarlah kata-kata yang sesuai. Dalam menuliskan puisi, pilihlah kata-kata yang sesuai untuk dimasukkan dalam puisi sehingga menjadi ungkapan yang bermakna. Pilihan kata yang tepat dan baik akan membuat makna puisi lebih bisa dirasakan dalam hati.

Kelima, memilih diksi. Diksi adalah proses pemilihan kata. Kata-kata yang ada dalam puisi haruslah kata-kata yang memberikan nilai rasa tertentu kepada para pembacanya. Diksi akan semakin kayak jika penulis rajin membaca. Terakhir, tulislah puisi dengan konsisten. Setelah melakukan langkah-langkah di atas, saatnya untuk praktek membuat puisi. Mulailah dari pengalaman yang sedang kamu rasakan atau gunakan imajinasi kamu untuk menciptakan dengan kata-kata.
Tertarik ingin mencoba?

Cara Membuat Puisi Yang Bagus | Angga Prasetya | 4.5