4 Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara

isi pancasila

Sebagai masyarakat dan warga negara Indonesia kita sering kali mendengarkan dan melihat pidato yang disampaikan pimpinan-pimpinan lembaga negara yang mengungkapkan tentang arti pentingnya Pancasila sebagai dasar untuk pembangunan-pembangunan di Indonesia.

Oleh karenanya diwajibkan kepada kita memiliki kesatuan paham tentang apa yang dimaksud dengan arti penting Pancasila yang merupakan fondasi falsafah dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara.

Sebutkan isi pancasila

Memahami uraian pada isi Pancasila memang tidak semudah seperti memahami dan membaca uraian isi pada UUD 1945. Memahami uraian isi Pancasila seperti menurut pidato Bung Karno dapat dilihat waktu Sidang BPUPKI berlangsung pada tanggal 1 Juni 1945.

Presiden pertama Bung Karno mengemukakan dan menyampaikan empat prinsip dasar negara yakni antara lain:

  1. Kebangsaan Indonesia
  2. Internasionalisme atau perikemanusiaan
  3. Mufakat atau demokrasi
  4. Kesejahteraan sosial.

“Prinsip yang kelima hendaknya:

Menyusun Indonesia Merdeka dengan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Prinsip Ketuhanan! Bukan saja bangsa Indonesia bertuhan, tetapi masing-masing orang Indonesia hendaknya bertuhan Tuhannya sendiri. Yang Kristen menyembah Tuhan menurut petunjuk Isa al Masih, yang Islam bertuhan menurut petunjuk Nabi Muhammad SAW, orang Buddha menjalankan ibadatnya menurut kitab-kitab yang ada padanya. Tetapi marilah kita semuanya bertuhan. Hendaknya negara Indonesia ialah negara yang tiap-tiap orangnya dapat menyembah Tuhannya dengan cara yang leluasa,”

Kita juga wajib menelaah maksud dan tujuan dari masing-masing sila yang terkandung dan tersebut dalam isi Pancasila tersebut dan hubungannya terhadap kehidupanku sehari-hari kita.

Maksud yang tercantum dalam isi Pancasila sifatnya umum atau universal merupakan pelaksanaan dalam segala bidang, baik itu dalam bidang kenegaraan maupun bidang hukum. Salah satu yang hakiki dari isi Pancasila merupakan KETUHANAN.

Sebutkan kedudukan pancasila sebagai dasar negara

Kedudukan Pancasila yang paling mendasar adalah sebagai pandangan hidup dan kepribadian Bangsa Indonesia dan menjadi Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Yang kemudian melalui MPRS pancasila ditetapkan sebagai Sumber segala sumber hukum.

Pokok dari kedudukan Pancasila adalah sebagai dasar negara kesatuan Republik Indonesia. Pandangan ini sesuai dengan bunyi pada Pembukaan UUD 1945 yaitu “maka disusunlah Kemerdekaan Kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar…”

Dan akhirnya Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara bisa dijabarkan secara rinci sebagai berikut:

  1. Pancasila sebagai dasar negara.
  2. Pancasila sebagai sumber dari segala sumber hukum lndonesia.
  3. Pancasila meliputi suasana kebatinan dari Undang- Undang Dasar 1945.

Sebutkan 4 arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa

Watak Pancasila merupakan satu-satunya dasar dan filsafat negara kesatuan republik Indonesia. Pancasila memiliki sifat-sifat yang khas dan berkarakteristik ilmiah.

Pancasila berada dalam sebuah prinsip tidak membeda-bedakan (non-diskriminasi) dan saling hormat-menghormati antar keyakinan dan kepercayaan agama dan terhadap kepercayaannya, oleh karenanya pancasila ditetapkan sebagai dasar bernegara di NKRI.

4 arti penting pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa antara lain adalah sebagai berikut :

  1. Pancasila merupakan fondasi falsafah dalam kehidupan berbangsa, bermasyarakat dan bernegara.
  2. Pancasila sebagai dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Pancasila sebagai faktor pemersatu kebangsaan bangsa Indonesia.
  4. Pancasila sebagai sumber hukum.
4 Arti Penting Pancasila Sebagai Dasar Negara | Angga Prasetya | 4.5