10 Manfaat Belajar Kelompok

Manfaat belajar kelompok

Beberapa manfaat dapat diambil dari belajar kelompok, guru terkadang menyuruh peserta didik untuk melakukan belajar kelompok, karena dengan belajar kelompok banyak manfaat yang dapat diambil, diantaranya manfaat belajar kelompok adalah karena guru memandang atas dasar pertimbangan bahwa peserta didik adalah suatu satu kesatuan oleh karenanya dapat melakukan belajar secara bersama, guna tercapainya tujuan dari pengajaran.

Manfaat belajar kelompok di sekolah

Melalui belajar kelompok telah memberi banyak bukti ternyata motivasi belajar peserta didik dapat bertambah. Jika salah satu atau dua teman dalam kelompoknya yang memiliki kepintaran atau kecerdasan sedikit lebih baik dari yang lainnya, sudah barang tentu peserta didik akan meningkat termotivasi dan paling tidak atau minimal mau belajar dari yang lebih baik, dengan tujuan untuk mengambil beberapa ilmu atau sebanyak mungkin ilmu.

Meskipun pada hakikatnya tidak seluruh kegiatan belajar kelompok merupakan atau dapat dikatakan sebagai cooperative learning, pernyataan ini pernah dijelaskan dan disampaikan oleh Abdulhak tahun 2001 hal:19 sampai dengan 20 menyatakan dalam bukunya yang intinya adalah “pembelajaran cooperative dilaksanakan melalui sharing proses antara peserta belajar, sehingga dapat mewujudkan pemahaman bersama diantara peserta belajar itu sendiri“.

Manfaat belajar kelompok bersama teman

Umumnya peserta didik akan menentukan waktu dan jam untuk kegiatan belajar kelompok mereka. Dan biasanya tempat yang dipilih untuk melaksanakan belajar kelompok bersama temanĀ  bergantian dan tidak menetap di suatu tempat. Salah satu teman menjadi pemimpin untuk sebagian teman yang lain. Pemimpin dipilih biasanya karena dianggap mampu untuk tetap dapat mejaga persahabatan antar teman. Ketua belajar kelompok juga akan mengarahkan kemana arah kegiatan yang akan dilaksanakan di kelompoknya.

Di beberapa sekolah biasanya sangat banyak dibuat kelompok untuk belajar kelompok. Kelompok-kelompok belajar yang sebagian besar dibentuk yang diprakarsai oleh guru mereka, bertujuan untuk melatih peserta didik secara intensif kemampuan para peserta didik mengenai bab-bab pada beberapa mata pelajaran tertentu.

Manfaat belajar kelompok dalam meningkatkan prestasi siswa

Melalui dibentuknya kelompok belajar kelompok para peserta didik akan terlatih untuk memecahkan beberapa masalah-masalah dan persoalan secara bersama-sama melalui banyak model yang merangsang melakukan transaksi sosial-psikologis.

Berbagai kegiatan-kegiatan sekolah seperti ekstra kurikuler, belajar kelompok hanyalah sebuah hal untuk dijadikan sarana penting guna menjadi mulus jalan yang akan digunakan untuk terwujudnya “cita-cita” dan prestasi siswa.

Manfaat belajar kelompok bersama teman teman sekolah

Selain manfaat-manfaat diatas, manfaat belajar kelompok yang lain seperti membantu teman-teman sekolah untuk mengingat-ingat materi pelajaran lebih baik lagi.

Teman-teman sekolah dapat membantu menerangkan dan menjelaskan bab-bab mata pelajaran yang dianggap sangat sulit, juga sekaligus menjadi suatu tempat dan sarana teman-teman sekolah untuk bersosialisasi.

apa manfaat belajar kelompok bagi siswa ?

Beberapa manfaat yang bisa diambil siswa melalui kegiatan belajar kelompok antara lain :

  1. Belajar kelompok bertujuan guna meningkatkan motivasi dan minat belajar, membaca, berdiskusi, dan berbicara atau menyampaikan pendapat di depan umum dalam hal ini teman-teman anggota kelompok belajar.
  2. Dapat meningkatkan pemahaman dan kemampuan dalam memecahkan suatu masalah secara bersama-sama menggunakan metode diskusi.

manfaat belajar kelompok menurut para ahli

Beberapa ahli mengelompokkan manfaat dari belajar kelompok antara lain:

Menurut pendapat ahli Belajar kelompok hanyalah sebuah media dan sarana bagi para siswa guna dapat meningkatkan kemampuan individunya.

Belajar kelompok bersama dengan teman-teman yang dilakukan teratur serta sungguh-sungguh bisa membantu dan meringankan beban tugas siswa untuk menyelesaikan tugas-tugas dari guru disekolah.

Manfaat belajar kelompok yang efektif

Sering dari kita mendengar sebuah kalimat yang menyatakan “Jika ada dua kepala akan menjadi lebih baik daripada satu?”. Kalimat ini bisa menjadi dibenarkan jika saat dalam kondisi belajar. Belajar secara berkelompok sangat memungkinkan siswa untuk mendapatkan pengetahuan dan kebebasan intelektual lebih sehingga menjadi sangat efektif.

Apa dan Sebutkan manfaat belajar kelompok ?

Setelah membaca uraian dan penjelasan diatas tentu kita akan mudah menjawab apa saja manfaat belajar kelompok itu? salah satu yang terpenting adalah kebebasan intelektual, bahwa setiap anggota kelompok belajar secara bersama-sama memecahkan sebuah persoalan dengan pendapat yang berbeda-beda, sehingga interaksi sosial terjadi disini.

Jelaskan manfaat belajar kelompok !

Setelah melakukan kegiatan belajar kelompok siswa dapat mengambil beberapa manfaat dari belajar kelompok, dan merasakan perbedaan antara belajar sendiri dan belajar kelompok, sehingga dapat disimpulkan dan dijelaskan bahwa manfaat belajar kelompok salah satunya adalah Jika siswa secara rutin melaksanakan kegiatan belajar kelompok maka penyerapan ilmu dan pemahaman materi oleh siswa akan menjadi lebih mudah.

10 Manfaat Belajar Kelompok | Angga Prasetya | 4.5